Ongkos Transportasi Melonjak, Belajar Online (E_Learning )Marak

Boston – Kenaikan harga bahan bakar yang berimbas pada naiknya ongkos transportasi membuat orang harus mengencangkan ikat pinggang, tak terkecuali para mahasiswa. Media internet pun jadi salah satu andalan mereka untuk menghemat uang melalui metode kuliah online ( e_learning ).

Di Amerika Serikat, metode kuliah online (e_learning )yang bisa dilakukan dari rumah itu makin disukai saja seiring naiknya harga bahan bakar di negeri Paman Sam. Mahasiswa rupanya ingin menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi dan lebih memilih melakukan sebagian kuliahnya secara online dari tempat tinggal ketimbang pergi ke kampus.

Di Villanova University misalnya, terdapat peningkatan 40 persen peminat dalam kuliah online. Menurut Sean O’Donnel selaku penangung jawab fakultas teknik Villanova University, tak diragukan bahwa kenaikan peminat kuliah online ini adalah imbas dari melonjaknya harga bahan bakar.

Adapun dalam survei di Victoria College, Texas, 42 persen mahasiswa berencana mengambil kuliah online karena naiknya biaya transportasi.

Seperti dilansir THonline dan dikutip detikINET, Senin (21/7/2008), kuliah online sendiri dilakukan oleh para mahasiswa secara mandiri. Mahasiswa dan dosen bisa berinteraksi secara online dengan beragam aplikasi, misalnya melalui chatting, message board ataupun e-mail.

Namun demikian, memang ada sejumlah keraguan soal efektifitas kuliah online ini. Misalnya saja kekhawatiran metode kuliah online akan membuat mahasiswa menjadi malas dan tidak berhasil menyelesaikan kuliahnya.

( * Cuplikan dari detik.com )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: